Minggu, 30 Desember 2018

Move On

Kita pasti pernaah kan ngerasain rasanya berharap sama seseorang atau mungkin berpikir orang atau sesuatu itu yang terbaik buat kita atau bisa bikin kita lebih bahagia. Tapi ternyata kenyataan ngga sesuai dengan harapan dan akhirnya bikin kita jadi galau, kecewa, sedih, ragu, atau bahkan putus asa. Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia”. Terlanjur berharap sama manusia atau udah terlanjur galau dan kecewa karena harapannya kagak tercapai, kagak usah murung atau sedih-sedih lagi, mending kita Move on lah.

1.       Belajar ikhlas
Hal pertama adalah ikhlas dan ini yang paling penting, menyerahkan dan merelakan segala harapan dan keinginan kita hanya kepada Allah SWT, juga menerima segala ketentuan yang Allah SWT berikan ke kita. Cara termudah untuk ikhlas adalah memaafkan diri kita, orang-orang di masa lalu, dan segala hal yang berkaitan dengan masa lalu. Dengan memaafkan insyaAllah deh hati jadi lebih tenang, ikhlas nya jangan cuma di mulut aja yah tapi ikhlas yang baik itu tercermin dari perbuatan. Jadi, mulai sekarang ngga perlu ngungkit-ngungkit masa lalu lagi ya J

2.       Mendekatkan diri kepada Allah SWT
Mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti shalat, puasa, dzikir, berdoa, membaca Al-Qur’an, melakukan amalan-amalan sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dll. Semakin kita fokus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT pasti lebih gampang buat Move On deh, tapi ingat luruskan niat karena Allah SWT yah sob.

3.       Melakukan kegiatan positif dan bermanfaat
Kalau ada cita-cita atau mimpi yang belum terwujud bisa deh mulai kamu wujudkan sekarang, fokus untuk melakukan hal-hal yang sudah kamu rencanakan sejak dulu. Daripada memikirkan atau menangisi sesuatu yang belum jadi milik kamu, lebih baik buka mata dan pikiran kamu untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat. Sepeti yang dikatakan oleh Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia”

4.       Berolahraga
Selain bikin badan sehat, ternyata ketika berolahraga tubuh menghasilkan hormon yang membuat kalian bisa lebih bahagia. Olahraga lebih baik daripada jadi stalker gebetan haha.

5.       Banyak berdoa
Berdoa itu gratis kagak bayar, daripada curhat gak jelas di sosial media mending langsung curhat dengan Sang Pemilik Hati,  seperti yang pernah dilakukan oleh Ummu Salamah ketika ditimpa musibah. Doa Ummu Salamah ketika ditimpa musibah:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ – اَللَهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

 “Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik dari pada musibah ini.”

6.      Berhusnudzan pada Allah SWT
Percaya dan yakin bahwa segala yang terjadi pada kita itu adalah kehendak Allah SWT dan bukti sayang Allah sama kita. Allah tau yang terbaik buat kita, seperti yang terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 216 “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia sangat baik untukmu, dan boleh jadi kamu suka sesuatu, padahal ia sangat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahuinya”. Dengan berhusnudzan pada Allah insyaAllah hati kalian akan lebih tenang

1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh 42 lbs less than us.

    (By the way, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING to about "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    Click on this link to see if this brief quiz can help you unlock your real weight loss possibility

    BalasHapus