Selasa, 08 Mei 2012

Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB

PERHATIAN !!!! BACA “CATATAN” DI BAWAH INI TERLEBIH DAHULU
Catatan :
1. Flashing HP dengan JAF hanya untuk HP Nokia. (selain nokia tidak bisa lah..)
2. JANGAN menggunakan /menjalankan aplikasi apapun pada saat FLASHING BERLANGSUNG karena itu dapat mengganggu proses FLASING [katanya] dan proses flashing akan gagal.
3. Kalau bisa bikin user account baru [windows] karena settingannya default, jadi tidak mengganggu proses flashing.
4. Berdoa [biar berhasil]
KALAU UDAH SELESAI
Jangan sering-sering Nge-flash (nanti malah merusak ketahanan HP)
JANGAN menggunakan memory card melebihi batas [semua yang berlebih itu tidak baik]
Software yang digunakan untuk melakukan flashing yaitu Nokia Phoenix dan ODEON JAF serta tools pendukungnya yaitu Nokia Diego, Nokia PC Suite, dan SarasSoft UFS.



Flashing Handphone sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Alat tersendiri, namun karena harga alat tersebut begitu mahal, saya mencari cara bagaimana melakukan Flashing dengan menggunakan Kabel Data USB. Flashing handphone dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan ODEON JAF dan Nokia Phoenix, namun yang paling mudah menurut saya adalah dengan menggunakan ODEON JAF, sebab saya belum pernah memakai Nokia Phoenix. Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengajari anda cara melakukan Flashing HP dengan menggunakan ODEON JAF. Langsung saja ikuti petunjuk yang saya berikan di bawah ini :
Software yang dibutuhkan :
Nokia PC Suite (Link Download Nokia PC Suite)
ODEON JAF v1.98.62 (Link Download ODEON JAF) [satu paket .rar]
Download Firmware untuk HP anda, misalnya RM-495 untuk tipe nokia 5130c-2 XpressMusic seperti yang saya punya. Anda dapat menggunakanNAVIFIRM (Sudah satu paket download dengan ODEON JAF).
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB
HARDWARE YANG DIGUNAKAN :
HP NOKIA dan KABEL USB YANG SESUAI DENGAN TYPE HP ANDA

Cara Kerja :
BackUp semua data anda terutama Contact, Message, Calendar, dll pada Memory Card dan keluarkan “MEMORY CARD”. Sebab proses flashing akan menghapus secara keseluruhan data anda.
Install Nokia PC Suite sesudah itu Restart Komputer anda.
Install ODEON JAFSetup, BUKA DIREKTORINYA (BIASANYA DI C:\PROGRAMFILES\ODEON kemudian ganti file pada direktori "C:\Program Files\ODEON\JAF\jaf_nok4models.ini" dengan file "jaf_nok4models.ini" yang terdapat dalam archive yang anda download.
Matikan Handphone anda, [LEPAS MEMORY CARD DAN KARTU SIM] pasang kabel data USB dan hubungkan dengan computer, kemudian tekan tombol power sekali saja dan jangan tahan. Ini akan mengaktifkan USB ROM dan Generic USB Flasher. Tunggu sebentar. Kalau sudah, Kira-Kira 10 Detik.
Jalankan Emulator JAF (OGM_JAF_PKEY_Emulator_v5.zip) yang sudah ada di file download. Pada Tab Step 1, pilih Random PKEY Raskal SN, kemudian melangkah ke Tab Step 2, pilih JAF (main), kemudian klik GO (launch selected EXE).
ODEON JAF

ODEON JAF
JAF akan Terbuka , anda akan menemui pesan error (Error: BOX DRIVER NOT INSTALLED), klik OK Saja.
Minimize Emulator, jangan ditutup. (Aplikasi JAF tidak dapat berjalan tanpa Emulator)
• Buka file Navifirm.zip yang ada dalam file .rar yang sudah ada download, lalu double klik file .exe nya. Fungsi dari Navifirm ini ialah untuk mendownload file firmware type HP Nokia anda, tanpa ini, proses flash tak akan bisa. Untuk tampilannya, bisa anda lihat dibawah ini.
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB
klik gambar untuk lebih jelas
• Lihat gambar diatas, dimulai dari sebelah kiri, ada daftar banyak jenisproduct/type hp nokia anda, silahkan pilih yang sesuai (kalau tidak ada, berarti type hp anda belum tercantum). Jangan lupa perhatikan kode RM-xxx yang ada disamping nama firmware sesuai hp anda. Lalu untukRelease, pilih yang paling bawah (mungkin yang terbaru). Kemudian untukVariant, anda pilih terserah anda, tapi boleh pilih yang ada kata-kata Indonesianya. Terakhir, disebelah paling kanan, liat kanan atas klik opsi Alluntuk mencentang semua filenya, langsung anda klik tombol Download.
Setelah memilih Firmware HP anda yang akan anda download dengan Navifirm, letakkan hasil download tersebut dalam satu folder yang namanya adalah tipe Firmware HP anda, misalnya RM-237 (Untuk Nokia 3110c).
Copy folder tersebut ke direktori “C:\Program Files\Nokia\Phoenix\products\RM-237” bila direktori tidak ada, silahkan anda buat folder baru sesuai dengan alamat direktori tersebut.
RM-237 adalah Type HP saya (nokia 3110C), Untuk Type Firmware HP kalian Dapat Disesuaikan apa Typenya dan beri nama Folder “RM=237” dengan Type Firmware HP Nokia anda. Untuk ngeceknya tekan *#0000* ntar muncul di atas tulisan "©nokia" kalau di HP Anda. kalau HP nya mati, googling saja tentang type firmwarenya.
Dan ini adalah proses download firmware type hp anda dengan Navifirm:
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB

Kembali lagi pada aplikasi JAF, masuk ke Tab BB5 dan berikan tanda cek pada opsi Manual Flash dan Dead USB, hilangkan tanda cek pada opsiCRT 308 kemudian berikan tanda cek pada opsi Use INI.
ODEON JAF
Tunggu sebentar, akan terbuka jendela kecil.
Pada dialog Select Phone Model, silahkan pilih tipe Handphone anda, Misalnya RM-237 Nokia 3110c (sesuaikan dengan Type HP) . Jika sudah, klik OK.
ODEON JAF
Phone MODE Pilih "NORMAL" (pilihannya ada di pojok kanan bawah pada PHONE MODE)
ODEON JAF
Sekarang klik FLASH, pada Warning dialog box yang akan muncul, klik sajaYes.
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB
Kemudian tekan tombol power pada HP anda sekali saja dan jangan ditahan.
Proses flashing akan berjalan. Silahkan menunggu.
Baca Setiap Perintah/Berita yang ada dalam kotak , kalau diperintahkan “PRESS POWER ON NOW!” maka tekan tombol POWER, KIRA-KIRA 2 Detik sampai ada suara/notif lagi yang menandakan ada HARDWARE MASUK (Found).
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB

Tunggu proses berjalan..
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB
Jika ada pesan yang muncul, OK, jika tidak, HP anda akan restart dengan sendirinya setelah selesai.
Sekarang HP anda sudah diflashing, silahkan setting waktunya.

Berikut bukti kalau saya juga sudah mencoba flash hp saya sendiri dan berhasil, ini baru saja saya lakukan:
Cara Flash Hp Nokia Dengan JAF Via USB

Bagaimana, Mudah kan? Silahkan mencoba..  :P


Sumber : www.nova13.com/2011/12/cara-flash-hp-nokia-dengan-jaf-via-usb.html

3 komentar:

  1. link sumbernya mohon di hidupin

    BalasHapus
  2. Cara Flash Hp Nokia Dengan Jaf Via Usb ~ Okke Kriswidianto >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Flash Hp Nokia Dengan Jaf Via Usb ~ Okke Kriswidianto >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Flash Hp Nokia Dengan Jaf Via Usb ~ Okke Kriswidianto >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus