Sabtu, 15 Desember 2012

Dukung Deklarasi KlikIndonesia

Gerakan menghargai konten lokal diluncurkan tepat tanggal 12-12-12 kemarin lewat peluncuran situs KlikIndonesia. Dan Okke Kriswidianto dengan bangga turut menjadi bagian di dalamnya.

Dalam tempo singkat sejak dideklarasikan Rabu (12/12) kemarin, KlikIndonesia yang beralamatkan di www.klikindonesia.org sudah menjaring sekitar 600 situs berisi konten khas Indonesia. Ini adalah sinyal bagus untuk membendung klik pengguna internet tanah air yang 70 persennya lari ke luar negeri.

Pendaftaran situs tidak dilakukan oleh admin dan pengurus KlikIndonesia, namun oleh pemilik situs sendiri (user generated content). "Kami tidak menduga sambutan masyarakat begitu besar. Sudah sekitar 600 situs mendaftar, terima kasih dukungan masyarakat," kata Henri K Soemartono, ketua KlikIndonesia pada merdeka.com.

Henri menambahkan jika dari situs-situs yang mendaftar memang belum dikelompokkan dengan kategori yang detail. Ke depan akan dilakukan ke sana. Namun, dengan jumlah yang sangat besar itu, maka nantinya ini bisa menjadi tempat bersaing secara positif situs-situs Indonesia.

Selain itu, KlikIndonesia ke depan juga akan memberikan semacam klinik atau workshop tentang konten internet. Dalam pelatihan itu, KlikIndonesia tidak sendiri tetapi akan melibatkan berbagai pihak. Baik dari kalangan pengembang konten yang sudah sukses, kalangan investor modal ventura (venture capital), pemerintah, akademisi, dan lain-lain.

Lagu tema KlikIndonesia yang easy listening dan didukung puluhan artis dalam negeri juga menjadi katalis dari semangat nasionalisme untuk mencintai produk sendiri dan mendaftarkan situs berkonten lokal di KlikIndonesia. Video tema KlikIndonesia di antaranya didukung oleh Abdee Slank, Sujiwo Tejo, Iwa K, Ikang Fawzi dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar