Kamis, 13 September 2012

Rangkuman Tentang Kerusakan yang terjadi pada jaringan

  Mengidentifikasi Masalah fungsionalitas jaringan pada perangkat melalui gejala yang muncul
Jaringan computer sangat rawan terhadap gangguan atau kerusakan dikarenakan banyak sekali factor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan atau kerusakan pada jaringan tersebut.faktor faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan adalah :
                   I.  Tegangan Listrik
Tegangan listrik dapat menyebabkan gangguan apabila listrik tidak stabil , baik naik turunnya listrik maupun mati sendiri . Bila kita menggunakan sumber lisrik yang tidak stabil maka akan memebuat peralatan computer kita mudah rusak , sehingga akan mempengaruhi jaringan apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation ataupun komputer server.
                    II.  Mati atau tidak berfungsinya komponen jaringan
                                               Mati atau tidak berfungsinya komponen jaringan bisa        disebabkan oleh korosi (berkarat ) atau rusak. Dalam  sistem  jaringan  LAN  sering  kita  menyebut  permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut jaringan dalam kondisi down.
Down pada jaringan LAN disebabkan system dalam jaringan LAN tersebut atau tidak berfungsinya komponen dalam jaringan LAN tersebut.
Indikasi pada kerusakan masing masing computer dapat diuraikan sebagai berikut  :
a. Server
Server adalah computer yang biasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau system operasi berbasis network berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut. Apabila komputer server mengalami kerusakan  atau  gangguan  secara  otomatis  seluruh  jaringan  tidak berfungsi karena server merupakan pintu masuk dan sebagai pusat jaringan. Jadi apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti terjadi gangguan atau kerusakan pada server .
b. WorkStation
Workstation adalah computer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan computer tersebut dengan computer lain atau computer tersebut dengan server . pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data,sharing printer dsb. Apabila terjadi   kerusakan   pada   komputer   workstation   berarti   komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehingga tidak dapat  berkomunikasi  dengan  komputer  server  maupun  komputer lain dalam jaringan.
c. Hub/Switch
Hub/Switch merupakan terminal atau pembagi data bagi kartu jaringan (Network card), Apabila  terjadi  kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator  power  dan  lampu indikator untuk  masing-masing   workstation. Apabila lampu indikator power   Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub   tersebut rusak.
d. Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal,yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Fungsi: Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk.
Indikator yang dapat dilihat dalam kerusakan kartu jaringan adalah matinya lampu indikator yang terdapat pada kartu jaringan dan lampu indikator di Hub/switch  saat  komputer  telah  hidup  dan  konektifitas  kabel  dari kartu jaringan dan hub/switch telah baik .
e.   Kabel
a.   Jenis  kabel  serat  optik  menggunakan  konektor  SC  dan  ST. Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik   sangat   jarang,   tetapi   memerlukan   penanganan   secara khusus untuk perawatan jaringan .
b.   Gangguan atau kerusakan   pada   kabel   UTP adalah lampu indikator   yang   tidak   hidup   pada   kartu   jaringan   atau   padaHub/switch. Hal tersebut dikarenakan konektor   yang   tidak terpasang  dengan  baik  (longgar),  susunan  pengkabelan  yang salah dan kabel putus.
c.   Kabel  jenis  coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya   dan   sering   terjadi   gangguan   karena   konektor   yang longgar  (tidak  konek),  kabel  short  dan  kabel  terbuka  resistor pada terminating conector.
·       Kerusakan atau kesalahan Hardware
Kerusakan  atau  kesalahan  hardware  yang  sering  terjadi  adalah  pada Network   Interface   Card   (kartu   jaringan),   pengkabelan  dan   konektor.
Secara   software   untuk   mengetahui   bahwa  kartu   jaringan   telah bekerja atau aktif dapat dilihat pada :
1.    Klik Start > setting >klik Control Panel
2.  Pilih icon system  double klik pilih menu Device Manager
·       Kesalahan software
Permasalahan   yang   sering   muncul   pada   bagian   software   ini   pada umumnya bisa dikelompokkan :
         Kesalahan setting konfigurasi jaringan
         Kesalahan Protocol yang digunakan
         Kesalahan pengalamatan IP.
         Kesalahan Indentifikasi Client dan server komputer
         Kesalahan Service Network (file and print sharing)
         Kesalahan Security System
         Kerusakan file program, sehingga perlu di update .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar