Sabtu, 07 Juli 2012

Contoh Jenis Virus Komputer

Contoh Jenis Virus Komputer – Prolog

Sebagai pengguna komputer tentu anda tidak asing dengan kata virus. Hampir setiap hari kita harus melakukan scanning dan cleaning terhadap Software Komputer dari berbagai serangan virus baru yang diciptakan untuk menghambat, merusak  atau bahkan  mengobrak-abrik sistem komputer anda.
Sebagian besar virus, yaitu hampir 95%  memiliki sistem kerja yang bedasarkan pada operasi Windows. Sisa 5 % menganggu dan menyerang Linux/GNU, IBM, OS/2 IBM, Mac, Sun Operating System dan FreBSD. Virus ada awalnya hanya menganggu sistem perangkat lunak (software) namun lama-lama bisa juga merusak perangkat keras (hardware) anda. Bahkan virus yang sangat ganas dapat langsung melumpuhkan seluruh sistem yang anda gunakan. Virus komputer adalah aplikasi komputer dengan kapabilitas mampu  melipatgandakan atau menduplikasi dirinya yang kemudian menyebarluaskan duplikasinya  ke aplikasi atau file lain.
Contoh Jenis Virus Komputer

Definisi Virus Komputer

Virus komputer dapat kurang lebihnya dibaratkankan virus dalam tubuh anda. Mereka akan menyebar secara sproradis dengan cara menyusupkan dirinya pada sel organ lain dalam tubuh anda. Seperti halnya virus biologis, virus komputer juga dapat mengganggu dan mengakibatkan kerusakan pada sistem komputer anda, namun bisa juga keberadaan virus-virus ini  tak berefek apapun pada sistem.
Istilah virus komputer merupakan penamaan yang umum untuk mengilustrasikan berbagai macam serangan terhadap PC atau laptop anda. Virus-virus baru dibuat setiap harinya di internet, selain nama-nama yang saya akan saya sebutkan, mungkin ada banyak virus lainya. Saran saya, selalu siaga satu dengan cara mengup-grade dan mengupdate anti virus anda.

Cara Penyebaran Virus Komputer

Ada banyak cara virus komputer menyebar. Mulai dari penyebaran melalui Flash Disk / Flash Drive, infeksi di website yang Anda kunjungi, dari software atau game yang Anda pakai, dan sebagainya. Menurut salah satu data dari Virus Total yang kami dapat, kira-kira beginilah persentase penyebarannya berdasar media penyebaran :
Media Penyebaran Virus Komputer
Note : data dapat berubah setiap hari.

Contoh-Contoh Jenis Virus Komputer

Sedangkan untuk jenis-jenis virus komputer, ada banyak sekali jenis yang tersebar di luar sana. Setidaknya, kami dapat menemukan sedikitnya 10 (sepuluh) jenis.
Berbagai Jenis Virus Komputer
Inilah beberapa nama virus disesuaikan dengan kategorinya:
  • Virus Trojan – Yang dilakukan virus ini adalah mengambil file yang sudah terinfeksi virus Trojan dari hard disk anda kemudian menyerahkan atau mengirikannya ke pencipta virus Trojan itu.
  • Virus Worm – menyalin dan melipatgandakan dirinya pada komputer anda sehingga hardisk anda akan dipadati oleh virus  tersebut.
  • Virus Backdoor – Virus ini kurang lebihnya mirip dengan virus Trojan. Perbedaanya Backdoor biasanya berbentuk file biasa, misalnya seperti  file permainan (game).
  • Virus Hacking – Virus ini merupakan serbuan langsung dari para hacker terhadap user yang membuka  page tertentu di internet baik dengan bantuan atau tanpa bantuan aplikasi yang telah disertakan dalam PC/laptop user.
  • Virus Spyware – cara kerja virus ini adalah mengawasi komputer yang sudah terkena virus.
  • Virus Rootkit – Cara kerja virus ini adalah seperti kerja sistem komputer pada umumnya.
  • Virus Rogue dan Ransomware – Cara kerja virus ini adalah mengimitasi anti virus. Mereka beroperasi dan menampilkan diri di layar anda sebagai anti virus untuk memberikan warning atau notification tentang kehadiran virus-virus palsu. Sasarannya adalah menipu user agar membayar sejumlah uang untuk membeli dan mengaktifkan software anti virus gadungan tertentu yang mana akan menghasilkan pundi-pundi uang untuk pencipta virus Rouge.
  • Virus Handphone – Virus yang satu ini bekerja pada perangkat handphone anda dan mengakibatkan berbagai macam gangguan dan kerusakan. Gangguan yang ditimbulkannya antara lain mengambil data dari HP anda, melakukan panggilan-panggilan tanpa sepengetahuan anda sehingga menyedot pulsa user bahkan bisa sampai berakibat pada kerusakan hebat di telepon seluler anda.
  • Virus Polymorphic – Virus yang satu ini senag berganti-ganti bentuk. Tujuannya agar tak bisa tercium keberadaannya oleh anti virus.
  • Virus:W32.Beagle.CO@mm – Virus ini bekerja dengan cara mengirimkan electronic mail (email) secara massal pada situs yang proteksi security-nya rendah. Cara kerjanya adalah dengan meremove kunci register bahkan dapat juga memblokir jalan masuk ke jaringan security website.

Virus Komputer Jenis Mana Yang Paling Berbahaya?

Jawabannya, menurut kami tidak ada yang “paling” berbahaya. Di sini semua jenis virus dapat menjadi berbahaya, tergantung dengan skill pembuat virusnya. Semakin jahat kode yang ditanam, semakin merusak sifat yang dibawa oleh virus tersebut.
Yang jelas, selalu proteksi komputer Anda dengan berbagai anti virus, terutama yang sudah terkenal seperi McAfee, Norton/Symantec, AVG, Avira, Avast, Panda, dan lain sebagainya.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar