Senin, 09 Juli 2012

6 Jejaring Sosial Khusus Untuk Anak

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak sekarang dibesarkan dalam lingkungan jejaring sosial. Sebenarnya, anak-anak dibawah 13 tahun telah menyadari kekuatan Facebook atau Twitter – sesuatu yang yang membuat orang-orang yang lebih tua dari mereka tidak bisa membayangkan jika hidup tanpa jejaring sosial- tapi sebagian besar jejaring sosial tidak memperbolehkan anal-anak tersebut mempunyai akun di situs mereka.
Tapi sekarang ada beberapa situs yang justru dikhususkan bagi anak-anak. Situs-situs tersebut aman dari tindakan kriminalitas online (cybercrime). Seperti fitur percakapan “auto-complete” yang membuat anak-anak tidak bisa berbagi informasi pribadi, sex, narkoba atau alkohol. Beberapa situs bahkan melarang anak-anak menggunakan foto mereka sebagai avatarnya dan hampir seluruh proses pendaftaran membutuhkan izin dan kontrol dari orang tua.
Situs-situs ini berupaya untuk memneritahukan anak-anak tentang rasa komunitas, dimana mereka berkesempatan untuk men”share” selera musik atau belajar kerjasama dalam permainan pendidikan online.
Nah, apasajakah situs-situs jejaring sosial yang khusus untuk anak-anak tersebut? Kita mulai dari:
Situs ini memungkinkan anak mengambil avatar dari penguin dan chatting dengan teman-teman yang ada dalam daftar mereka. Anak-anak hanya dapat memilih frasa yang disediakan (lebih dari 300.000 frasa) ketika chatting dan kalimat yang ditulis harus disetujui oleh moderator. Tersedia juga fitur kontrol orangtua untuk mengatur waktu chatting. Anak-anak juga  bisa mendapatkan “koin” dalam permainan untuk mendorong anak untuk menyumbang. Situs ini adalah situs terbaik untuk anak-anak 8 tahun ke atas.
Disini, anak-anak bisa membuat halaman profil dan audio-chatting, posting pesan, upload foto dan video, bergabung dengan kelompok (dalam topik seperti: matematika) dan bermain game. Orang tua memiliki akun sendiri untuk memonitor kegiatan anak-anak mereka disana dan mengontrol izin aplikasi.
Fantage adalah situs dunia virtual gratis untuk remaja di mana mereka bisa naik papan roket di sekitar animasi istana dan kota. Anak-anak juga bisa menjalin pertemanan dan IM yang difilter terhadap info pribadi dan asusila.
Franktown Rocks adalah situs terbaik untuk anak-anak yang tertarik dengan musik. Anak-anak bisa ber”jual-beli” di Frank, di”bayar” dengan bermain game, dan menggunakan Frank untuk membeli barang di dunia maya. Konten akan dipantau dan chatting hanya dapat dilakukan dengan kata-kata yang disediakan.
Di situs ini, anak-anak memelihara kartun boneka untuk mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk membeli barang virtual. Permainannya menghibur dan mendidik. Situs ini memastikan validitas informasi orang tua dan verifikasi untuk anak-anak di bawah 13 yang mendaftar di situs.
Situs ini memungkinkan anak-anak untuk mengatur halaman,berteman dan bergabung dalam “spheres” tertentu. Anak-anak juga bisa blogging, main game atau chatting. Proses registrasi membutuhkan izin orang tua sebagai verifikasi identitas.

1 komentar:

  1. Do you need free YouTube Views?
    Did you know you can get them ON AUTO-PILOT AND ABSOLUTELY FREE by registering on Like 4 Like?

    BalasHapus